After Report Klinik Bisnis dan Ekonomi #3: Klinik Bisnis Literasi Keuangan Syariah

Klinik Bisnis dan Ekonomi yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UGM telah memasuki rangkaian ketiga. Klinik Bisnis dan Ekonomi merupakan kegiatan edukasi kepada para santri di Yogyakarta mengenai pengetahuan literasi keuangan syariah. Pelaksanaan rangkaian acara tersebut dilaksanakan secara luring pada hari Senin, 10 Oktober 2022 yang bertempat di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam acara tersebut mengusung tema “Klinik Bisnis Literasi Keuangan Syariah”. Acara ini diikuti oleh santri-santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pelaksanaan Klinik Bisnis dan Ekonomi bertujuan untuk mengedukasi para santri mengenai keuangan syariah, seperti konsep dasar keuangan syariah, produk-produk keuangan dan investasi syariah, dan perencanaan keuangan syariah. 

Bapak Zulkifli, S.Pd.I., M.Pd.I bersama dua pemateri Klinik Bisnis dan Ekonomi, Ibu Dr. Ratna Candra Sari, SE, M.Si, CA, CFP. dan Bapak Akhmad Akbar Susamto, Ph.D

Acara ini dibuka secara formal oleh Bapak Zulkifli, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Wakil Direktur bidang Kesiswaan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi edukasi oleh dua pemateri, yaitu Bapak Akhmad Akbar Susamto, Ph.D dan Ibu Dr. Ratna Candra Sari, SE, M.Si, CA, CFP. Kedua pemateri tersebut memiliki latar belakang pada bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah. Pada sesi pertama, materi diisi oleh Ibu Ratna Candra Sari dengan tema “Literasi Keuangan Syariah”. Bagian pemateri pertama bercerita mulai dari pengertian literasi keuangan, tujuan syariah, perencanaan keuangan, dan pentingnya investasi.

Sesi materi kedua diisi oleh Bapak Akhmad Akbar Susamto, Ph.D

Pemateri kedua diisi oleh Bapak Akhmad Akbar Susamto dengan tema “Literasi Keuangan Syariah bagi Pelajar Sekolah Menengah”. Pada pemateri kedua dimulai dengan memberikan pengetahuan kaidah fikih muamalah. Materi ini berisi penjelasan mengenai kontrak dalam muamalah, seperti mudarabah, musyarakah, murabahah, salam, dan ijarah. Selain itu, juga menjelaskan terkait penggunaan jasa bank melalui konsep syariah serta diakhiri dengan menjelaskan tentang langkah untuk menabung saham dan perbedaan saham konvensional dengan syariah. Sesi edukasi ditutup dengan dilakukannya tanya jawab serta kuis berhadiah dari pemateri. Keseluruhan rangkaian acara Klinik Bisnis diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian cinderamata oleh pihak Madrasah Mu’allimin. 

Penyerahan hadiah dan cinderamata

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!