After Report The Seventh Gadjah Mada International Conference on Islamic Economics

Dalam rangka acara DIES Natalis FEB UGM yang ke-67 serta dukungan terhadap dunia pendidikan di Indonesia, pada Jumat, 23 September 2022 dan Sabtu, 24 September 2022 PKEBS bersama dengan JIEB telah berhasil menyelenggarakan acara 7thGAMAICI (Gadjah Mada International Conference in Islamic) dan 10thGAMAICEB (Gadjah Mada International Conference on Economics and Business) yang dilakukan secara online dan diikuti dari kalangan peneliti, pemangku kebijakan, eksekutif bisnis, mahasiswa, dan entitas lain yang memiliki ketertarikan terhadap  topik Ekonomi Islam. Pelaksanaan 7thGAMAICI terdiri dari 7thGamaICED, 7thGamaICIBR, dan 7thGamaICAF. Pelaksanaan 7thGAMAICI bertujuan untuk menyediakan forum sebagai wadah sharing dan mempromosikan penelitian ilmiah seputar Ekonomi Islam serta memfasilitasi jejaring yang intensif dan produktif antara akademisi, policy maker, praktisi mahasiswa dan entitas yang lain. 

Acara ini dibuka secara formal oleh chairs person dari GAMAICI dan GAMAICEB, Bapak Novat Pugo Sambodo, S.E., MIDEC. dan Bapak Gigih Fitrianto, S.E., M.Sc., Ph.D., dan dilanjutkan dengan plenary session. Pemateri pada plenary session dari GAMAICI pada hari pertama, diisi oleh Bapak Banjaran S.Indrastomo, Ph.D. (Chief Economist at PT. Bank Syariah Indonesia Tbk) dengan tema “Digitalization of Islamic Banking” dan secara spesial dimoderatori oleh Wakil Dekan 3 Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama, dan Alumni yakni Bapak Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D. Usai plenary session, acara dilanjutkan ke parallel session

Pemaparan oleh Banjaran S. Indrastomo, Ph.D.

Berbeda dengan hari pertama, pada hari kedua, plenary session dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama plenary session diisi oleh Umar Munshi (Co-Founder and Group MD Ethis) dan dimoderatori oleh Ibu Diyah Putriani, S.E., M.Ec., Ph.D. Sesi kedua  plenary session diisi oleh Prof. Dr. Mira Kartiwi (Prof. in information system, International Islam University) dan dimoderatori oleh Ibu Fitri Amalia, S.E., M.Sc., Ph.D. 

Sebagaimana hari pertama, setelah plenary session acara dilanjutkan presentasi dari masing-masing peserta pada parallel session. Para peserta yang sudah mengajukan papernya akan saling beradu argumen dan seperti halnya ujian tesis mereka akan defending apa yang telah mereka lakukan dan menerima feedback yang ada.  

Pemaparan oleh Umar Munshi
Pemaparan oleh Prof. Dr. Mira Kartiwi

Usai parallel session, acara ini resmi ditutup dengan closing speech dari Chair GAMAICI/GAMAICEB dan pengumuman pemenang best paper dan best reviewer. Adapun beberapa pemenang best paper GAMAICI adalah Fatimah Ath Thahirah (Universitas Indonesia), Maryadi (PKN STAN), Fitri Handayani (Universitas Gadjah Mada), Dr. Muhammad Asif Khan (Universitas Bhayangkara), dan Sulaeman (Universitas Airlangga).   

Penutupan 7th GAMAICI
Panitia yang terlibat dalam pelaksanaan 7th GAMAICI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!