Sosialisasi JIMF (Jurnal of Islamic Monetary Economics and Finance) dan Silaturahmi Jejaring Akademisi

Pada hari Senin 25 Juli 2022, Pusat Kajian Ekonomika dan Bisnis Syariah bersama BINS (Bank Indonesia Institute) menggelar acara Sosialisasi Jurnal of Islamic Monetary Economics and Finance (JIMF) dan Silaturahmi Jejaring Akademisi di Gedung Learning Center Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Bagi orang yang awam mengenai ekonomi syariah mungkin cukup asing terhadap jurnal ini. Jadi, apa itu JIMF? JIMF merupakan sebuah jurnal yang sudah terakreditasi internasional yang dikelola BI Institute dan terbit tiap semester (di bulan Februari dan Agustus). Lalu apa tujuan dari Jurnal ini? Penelitian yang dipublikasi dari jurnal ini diharapakan dapat berkontribusi terhadap ekonomi Islam, moneter dan keuangan syariah dengan garis penelitian yang jelas. Acara ini diikuti oleh kalangan akademisi seperti scholar, reasercher, dan mahasiswa terutama S2 dan S3 dari Universitas di Kota Semarang, Kota Surakarta, dan DI Yogyakarta. 

Pemaparan materi dari Bapak Rizqi Umar Al Hashfi, SEI., M.Sc. dan diskusi bersama peserta

Sosialisasi JIMF dilaksanakan dalam beberapa sesi. Pada awal acara, terdapat sesi pembukaan yang dilakukan oleh Bapak Imam Gunadi selaku perwakilan dari BINS dan Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama, dan Alumni yaitu Bapak Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D. Acara dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai penulisan di JIMF oleh Bapak MHA. Ridhwan, Ph.D, pada sesi ini dijelaskan mengenai tips dan trik dalam menuliskan paper yang applicable untuk diterbitkan pada JIMF dan terindeks scopus. Pada sesi selanjutnya terdapat pemaparan materi dengan topik yang hampir sama oleh Dr. Rin Syed Aun Raza Rizvi mengenai alur penulisan dan “Writing Papers for Better Journal”. Materi yang sangat insightful dari seorang expertise international researcher dibidang ekonomi Islam. 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan salah satu paper yang prestigious di JIMF oleh Dr. Ir. Ascarya, MBA, M.Sc dan tim beliau, dengan judul “Classical and Contemporary Fiqh Approaches to re-estimating the zakat potential in indonesia” dan paper oleh Rizqi Umar Al Hashfi, SEI., M.Sc. “Are Islamic Stocks Less Exposed to Sentiment-Based Mispricing Than Non-Islamic Stocks”. Pada Sesi pemaparan ini antusiasme peserta sangat tinggi, terbukti  ketika ditanyangkan contoh paper-paper di JIMF, banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh peserta.  

Sesi ramah tamah bersama para akademisi dengan makan siang bersama

Sosialisasi JIMF ditutup dengan ramah tamah pada akhir sesi bersama para akademisi dan scholar tertentu dengan makan siang bersama dan saling mengenalkan diri, fokus penelitian, dan berdiskusi seputar perekonomian Islam. Sosialisasi ini ditutup dengan manis dan respon positif dengan terbentuknya Forum Scholar Ekonomi Islam di Yogyakarta yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Islam.   

error: Content is protected !!